4 Jenis Acara yang Sering Diadakan di Mangrove Center Tuban | WISATA TUBAN
Home » , , , , » 4 Jenis Acara yang Sering Diadakan di Mangrove Center Tuban

4 Jenis Acara yang Sering Diadakan di Mangrove Center Tuban

Pintu Masuk Mangrove Center Tuban : via www.wisatatuban023.blogspot.com
Mangrove Center Tuban, Merupakan Salah satu dari beberapa tempat wisata pantai di Tuban. Iya, tuban yang merupakan kabupaten dijawa timur letaknya di ujung barat berbatasan dengan provinsi jawa tengah ini memiliki panjang pantai yang bisa dikatakan luas bagi kota kecil ini. Sekitar kurang lebih 65KM bentangan pantai dimiliki kota ronggolawe ini, sebutan kota tuban . Tak Jauh dari lokasi wisata mangrove center juga terdapat wisata pantai lainya yaitu Wisata Pantai Cemara yang berada di sebelah timur dari wisata mangrove, tepatnya disebelah barat Terminal Baru tuban (Wisata Terminal Kambang Putih). Wisata Mangrove Center Tuban menawarkan lebih dari nuansa berwisata.

4 Jenis Acara yang Sering Diselenggarakan di Mangrove Center Tuban

Mangrove Center Tuban Sebagai Wisata Pendidkan (wisata edukasi)
Menilik sejarah tujuan didirikanya mangrove center sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, Awal adanya mangrove center merupakan wujud kepedulian masyarakat sekitar akan lingkungan . tempat ini bertujuan didedikasi pada pelestarian lingkungan hidup terutama dalam hal abrasi di laut daerah Tuban. lokasi ini mulai didirikan sejak tahun 1997 oleh Kelompok Tani di Desa Jenu, Kabupaten Tuban yang kemudian ternaungi dalam Forum Komunikasi Peduli Lingkungan Pesisir Tuban. Dengan kegigihan warga sekitar Mangrove Center Tuban saat ini sebagai pusat bibit mangrove, yang tak hanya untuk wilayah pantai tuban, tetapi juga menyupplai ke beberapa kota lain diindonesia. Tuban merupakan pusat pendidikan lingkungan hidup pesisir dan laut di wilayah Tuban dan sekitarnya. Tak jarang dari beberapa instansi pendidikan baik sekolah maupun perkuliahan yang mengandung ilmu keletarian alam pernah study tour ditempat ini.

Mangrove Center Tuban Sebagai Wisata Bumi Perkemahan
Sampai saat ini wisata Mangrove Center masih sangat sering digunakan untuk kegiatan Perkemahan yang cenderung kealam ini. Tentu ada alasan tersendiri bagi instansi yang melakukan perkemahan di tempat ini. Dengan rata-rata pantai di tuban yang cukup luas, sehingga lokasi ini cocok digunakan kegiatan perkemahan. Ditambah denga rindangnya pohon cemara dan mangrove disepanjang pantai tersebut menambah daya tarik bagi pengunjung untuk berkemah ditempat ini. Terhitung mulai dari Tingkat Sekolah dasar, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi atau universitas pernah melakukan perkemahan di lokasi wisata pantai ini. Selain tempat ini ada juga Wisata Pantai Sowan yang cocok digunakan berkemah.

Mangrove Center Tuban Sebagai Wisata dan Kopdar Komunitas
Selain dijadikan bumi perkemahan wisata Mangrove Center juga sering digunakan sebagai ajang/tempat kopi darat bertemu nyata nya komunitas-komunitas dan berkumpulnya anggota dari sebuah organisasi. Terhitung beberapa kali tempat ini dijadikan event baik formal maupun nonformal oleh beberapa organisasi dan juga komunitas-komunitas sebagai tempat kopdar.

Mangrove Center Tuban Sebagai Wisata Pantai bareng Orang terkasih, Sahabat, dan Keluarga
Sangat jelas sekali, dengan lokasinya dipinggir laut lokasi ini patut dan layak dijadikan sebagai wisata pantai bareng orang terkasih, teman, sahabat, dan keluarga. Dengan nuansa alam pantai yang alami dengan pengembanganya tempat ini memberikan keelokan tersendiri. Sepoi angina laut yang sejuk berbareng deburan ombak ringan serta teduhnya pohon mangrove dan cemara disepanjang pantai memberikan kedamaian dan ketenangan tersendiri buat anda yang berkunjung dengan orang-orang tercinta.

Dimana Letak Lokasi Wisata Mangrove Center Tuban ?
Wisata ini terletak di jalur pantura surabaya-semarang KM 9 Desa Jenu, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Letaknya yang tak jauh dari kota serta mudahnya akses menuju lokasi tersebut karena berada dijalur pantura. Maka sudah pasti wisata ini patut anda kunjungi ketika kebetulan lewat atau singgah di kota tuban.

Berapa Tarif Tiket Masuk Wisata Mangrove Center Tuban ?
Untuk menikmati wisata ini anda cukup mengeluarkan uang sebesar RP.2000 saja anda sudah dapat menikmati keindahan pantai beserta pohon mangrove dan cemara. Selain itu anda juga dapat mendapatkan edukasi tentang mangrove apabila anda berusaha menyambangi juru kunci atau penjaga dari mangrove center tersebut, yakni Bpk Ali Mansur. Beliau juga dikatakan sebagai pendiri dari Wisata Mangrove Center Tuban yang tentunya memiliki wawasan tentang pohon mangrove dan pelestarian alam pantai yang tak dapat diragukan lagi.

Oh iya, Mangrove Center ini pernah dikunjungi oleh para istri dari menteri pada masa Kabinet kepemimpinan Bpk Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab dipanggil Pak SBY. Pada waktu itu tahun 2013 ibu Negara Ani Yudhoyono beserta istri para menteri mengunjungi lokasi mangrove center tersebut setelah melakukan kunjungan kerja di kabupaten kota.
Selain Wisata pantai Mangrove Center di tuban terdapat pula Wisata Pantai Pasir Putih Remen yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi.


Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari WISATA TUBAN.Gratis!
Thanks for reading 4 Jenis Acara yang Sering Diadakan di Mangrove Center Tuban

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar