Eksotis dan Modern Wisata Goa Akbar Tuban Serta Sejarahnya | WISATA TUBAN
Home » , , , , » Eksotis dan Modern Wisata Goa Akbar Tuban Serta Sejarahnya

Eksotis dan Modern Wisata Goa Akbar Tuban Serta Sejarahnya

goa+akbar+tuban+wisata

Indahnya Goa Akbar di Bawah Pasar Baru Tuban : via www.viva.co.id

Wisata GOA AKBAR Tuban, Merupakan Sebuah wisata GOA yang ada di kabupaten tuban. Wisata GOA ini menawarkan eksotisme, sejarah, budaya, agama, dan moderenitas. Selain ada Goa Akbar di sekitar wilayah Tuban juga terdapat wisata goa Lainya yaitu Wisata Goa Ngerong Rengel yang pernah ditelusuri tim Jejak petualang – Trans7.

Dalam segi eksotisme sudah jelas Goa Akbar merupakan GOA alam atau alami terbentuk oleh alam atas kuasa sang pencipta. Didalamnya terdapat stalaktit dan stalagmit yang masih aktif meneteskan air serta unik dipandang mata.

Wisata Goa Akbar Tuban

Dalam segi budaya serta sejarahnya bisa anda jumpai waktu pertama kali memasuki area wisata ini. Sebelum anda masuk kedalam mulut Goa Akbar anda akan disuguhkan relief-relif disepanjang dinding yang menceritakan sejarah tuban, sejarah penyebaran agama dituban, serta budaya dituban. Selain itu juga terdapat patung-patung yang bernilai sejarah. Dikatakan juga tokoh yang sangat berperan dalam sejarah dikota tuban juga bernah tinggal di dalam Goa Akbar ini yaitu “Brandal Loko Joyo” yang namanya saat ini digunakan sebagai nama stadion di kota tuban yaitu “Stadion Loka Jaya ”. Didalam Relief tersebut diceritakan Wilotikto adalah Bupati Tuban ke-9 yang mempunyai putra dengan nama Mas Sahid diusir dari rumah karena berkelakuan buruk. Dari perlakuan buruknya itu dia dapat sebutan nama “Brandal loko jayo”. Dalam pertemuanya raden mas sahid atau brandal loko joyo dengan sunan bonang dikali sambung mengatakan bahwa rumahnya didalam GOA, yaitu goa akbar saat ini.

Dalam Segi agama jelas sekali kota tuban saat ini menyandang gelar kota wali. Tak lepas dari tempat wisata Goa Akbar ini dulunya juga dikatan sebagai tempat bertapa diantara wali songo yaitu sunan bonan bonang dan sunan kalijogo yang konon pernah bersemedi didalam Goa Akbar yang sampai saat ini kamar dan batu bekas semedi atau bertapa masih terbukti ada. Selain dua wali tersebut dikatakan juga ke sembilan wali yang menyebarkan agama islam ditanah jawa yang sering disebut wali 9 juga pernah melakukan pertemuan didalam GOA tersebut dengan bukti terdapat ruang pertemuan dengan batu mimbar yang seolah memang mirip podium dan tempat rapat didalam GOA tersebut.

Dalam Segi Moderenitas Goa akbar ini ternyata terletak ditengah kota tepatnya dibelakang pasar baru tuban. Yang kita ketahui bahwa GOA biasanya terdapat disekitar bukit maupun ditengah hutan pelosok, ternyata goa akbar ini unik terletak di tengah-tengah keramaian. Sehingga efek moderenitas saat ini terasa. pengunjung wisata goa tersebut bukan hanya seorang petualang, pendaki, atau pecinta alam yang suka akan eksotisme alam berupa GOA, tetapi semua kalangan bisa menikmati wisata Goa yang ada ditengah kota tuban ini. Berhubung letak Goa akbar akbar ini cukup dekat hanya beberapa meter dari tempat mobil parkir rombongan wisata religi wali songo yang singgah ke makam sunan bonang, biasanya wisata Goa akbar dijadikan satu paket untuk dikunjungi . Akses dan biaya masuk wisata ini dapat and baca pada artikel => Ketahui Akses dan Biaya Menuju Wisata GOA AKBAR TUBAN.

Sejarah GOA AKBAR TUBAN

Nama dari wisata GOA ini sendiri diperoleh dari kata “ABAR” yaitu pertamakali ditemukanya Goa Akbar ini terdapat “Pohon Abar” yang ada didepan goa sampai saat ini. Goa Akbar ini dahulunya merupakan tempat pembuangan sampah oleh pedagang pasar disana dan penduduk sekitar. Dalam legenda juga dikatan nama AKBAR sendiri merupakan akronim dari kata “ALLAHU AKBAR” yang dilontarkan sunan bonang saat menemukan goa tsb. Kata AKBAR sendiri sampai saat ini dijadikan sebagai ikon kota Tuban dengan sebutan TUBAN AKBAR. AKBAR yang merupakan kepanjangan dari Aman, Kreatif, Bersih, Asri, dan Rapi.

Buat Kamu yang berkunjung ke kota tuban, wisata Goa ditengah kota ini patut anda kunjungi. Ada juga GOA unik yang dijadikan Masjid dan Pondok Pesantren Yaitu Pesantren dan Masjid  Perut Bumi yang Berada di dalam GOA di Tuban.
Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari WISATA TUBAN.Gratis!
Thanks for reading Eksotis dan Modern Wisata Goa Akbar Tuban Serta Sejarahnya

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar