Misteri dibalik Wisata Goa Ngerong Rengel Tuban[Tarif masuk] | WISATA TUBAN
Home » , , , , » Misteri dibalik Wisata Goa Ngerong Rengel Tuban[Tarif masuk]

Misteri dibalik Wisata Goa Ngerong Rengel Tuban[Tarif masuk]

Wisata+Goa+Ngerong+tuban
Gua dan Sungai tempat bersemayamnya ikan dan kelelawar di Gua Ngerong : via www.travel.detik.com
Goa Ngerong yang Berlokasi di kecamatan Rengel ternyata menyimpan banyak mitos dan juga misteri diantaranya yang terlihat kasat mata oleh pengunjung sampai saat ini yaitu ikan yang ada di dasar air dibawah goa. Jenis ikan-tersebut diantaranya yiatu ikan tawes, ikan bader, dan nila . selain ikan terdapat juga kelelawar yang bergelantung disetiap dinding dan atap goa. Entah apa sampai saat ini tidak ada seorangpun yang berani mengambil ikan maupun kelelawar yang ada didalam goa tersebut, Mungkin semua itu karena Sejarah Wisata Goa Ngerong Rengel Tuban yang penuh misteri. Warga sekitar mempercayai akan mitos apabila ada orang mengambil maupun mengkonsumsi ikan dan kelelawar tersebut maka keburukan akan menimpa pada orang dan keluarga yang mengambil tersebut baik itu kesialan, didatangi dedemit, hingga sakit, bahkan sampai kematian apabila melanggar pantangan tersebut. Tak hanya diberlakukan untuk warga sekitar namun untuk pengunjung goa tersebut juga berlaku pantangan seperti itu, dengan penunjuk penekanan terdapat tulisan larangan mengambil, membawa pulang ikan dan kelelawar didalam goa ngerong tersebut.

Misteri Goa Ngerong Rengel Tuban

Terlepas dari mitos tersebut warga sekitar mempunyai alasan tersendiri dalam bentuk cerita atau bisa dikatakan sebagai Sejarah Goa Ngerong. Misteri dari tidak bolehnya mengambil ikan dan kelelawar didalam goa tersebut yaitu kepercayaan warga akan mitos bahwa konon katanya bahwa ikan-ikan yang ada didasar air didalam goa tersebut merupakan jelmaan bidadari. Selain itu didalam goa tersebut juga terdapat kura-kura putih yang berdiameter sekitar 1 meter yang menghuni kolam, dikatakan juga merupakan jelmaan dari senopati kerajaan Gumenggeng yang dikutuk oleh dewa karena melakukan kesalahan. Dikatan juga bahwa ikan-ikan yang ada di kolam goa tersebut merupakan peliharaan putri ngerong yang konon katanya putri ini sangat elok nan cantik. Sejarah dari putri ngerong sendiri dikisahkan tentang seorang putri yang digambarkan memakai kebaya dengan selendang dibahunya sambil membawa tas belanja khas gadis dusun. Putri tersebut bertapa didalam goa ngerong hingga raganya menghilang entah kemana. Dikatakan menurut cerita sang putri yang bertapa tersebut masih kerap terdengar suaranya dan muncul ditengah kesibukan orang yang nyekar (menaburkan bunga).

Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut kita patut untuk mengapresiasi dan menghormati adat dan budaya maupun kepercayaan di sekitar lingkungan kita. Karena Negara Indonesia sangatlah kaya akan adat, budaya, dan tradisi yang tak lepas dari cerita leluhur serta mitos-mitos yang tersebar. Toh dengan adanya mitos larangan mengambil dan mengkonsumsi ikan yang ada di goa ngerong terebut menjadikan populasi Kura-kura, kelelawar, dan jenis ikan-ikan tersebut bisa tetap terjaga dari kepunahan.
Sampai saat ini memang populasi hewan-hewan tersebut terjaga bahkan terus bertambah. Dengan begitu bisa memberikan keunikan tersendiri bagi wilayah alam dilokasi tersebut. Untuk sumber mata air didalam goa ngerong biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari oleh warga sekitar baik itu mencuci, mandi, dan irigasi saluran sawah-sawah petani penduduk sekitar.

Selain Goa Ngerong di wilayah kabupaten tuban juga terdapat Wisata Goa Akbar Yang letaknya ditengah keramaian Kota.

Perlu anda ketahui bahwa wisata goa ngerong tuban ini perbah ter expose media televise tanah air pada acara “jejak petualang” Trans 7 yang melakukan petualang menelusuri goa dengan tema “Misteri GOA NGERONG Tuban”. Walaupun masih tak menemukan ujung tembusan dari goa tersebut karena memang nuansa mistis yang penuh misteri. Konon katanya goa ngerong ini memiliki jalur yang bisa tembus sampai air terjun nglirip yang juga merupakan destinasi wisata yang ada di kabupaten tuban. Selain dalam acar “jejak petualang” goa ngerong juga pernah termuat dalam acara “On the Spot” dengan tema “7 Hewan Keramat versi on the spot” – Trans 7.

Berapa Tiket atau Tarif Biaya Masuk Wisata Goa Ngerong Tuban ?
Untuk dapat masuk dan menikmati eksotisme goa ngerong ini pengunjung cukup mengeluarkan biaya : Rp.3000 saja [saat ini:april 2015], murah sekali bukan. Dengan biaya terjangkau anda sudah bisa menikmati wisata alam dan sejarah bersama teman, sahabat, keluarga.

Ada juga Goa Tuban yang unik dijadikan sebuah masjid dan pesantren . nama pesantren tersebut yakni pondok pesantren syeh al Maghribi sedangkan nama masjidnya bernama masjid ashbabul kahfi keduanya sering disebut Pesantren dan Masjid Perut Bumi.

Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari WISATA TUBAN.Gratis!
Thanks for reading Misteri dibalik Wisata Goa Ngerong Rengel Tuban[Tarif masuk]

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar