Tuban Juga Punya Green Lake Loh (Danau Njowo-Samben) | WISATA TUBAN
Home » , » Tuban Juga Punya Green Lake Loh (Danau Njowo-Samben)

Tuban Juga Punya Green Lake Loh (Danau Njowo-Samben)

Tuban memang kaya akan keindahan alam. Telah banyak kita ketahui beberapa keindahan alam yang menakjubkan, daintaranya yaitu Air terjun Nglirip. Seperti halnya air terjun nglirip ada juga air terjun Lembah Bongok yang berada di kecamatan montong.
Danau Njowo-samben-green+lake+tuban
Green Lake Tuban - Danau Njowo : via www.facebook.com
Terlepas dari wisata air terjun di tuban juga terdapat nuansa alam berupa danau, namanya Danau Njowo. Danau ini terbuat dari bekas penambangan kapur. Yah, telah kita ketahui di bagian selatan kota tuban memang alam berupa pegunungan batu kapur. Oleh karena itu di tuban terdapat beberapa industri yang mengolah batu kapur baik sebagai material kumbung bahan bangunan maupun untuk diolah sebagai semen.Danau Njowo-samben merupakan bekas galian tambang batu kapur. Kubangan yang terus menerus terkena air hujan sehingga membentuk sebuah danau.

Danau Njowo , ada juga yang mengatakan kali malang. Danau ini memang bekas tambang eksploitasi alam, namun sekarang sudah bekas dan tak difungsikan sebagai penambangan. Keindahan yang dapat anda nikmati yaitu kesejukan alam pedesaan dan pastinya air danau yang warnannya hijau nan menawan sehingga mata anda akan dimanjakan bak seolah di sebuah green lake. Jadi tak perlu jauh-jauh keluar negeri, di wilayah tuban pun terdapat green lake loh.
Selain warna air yang hijau, yang membuat keindahan lainya yaitu dinding bukit bekas galian yang menjulang tinggi dengan bekas kerukan alat tambang menambah keindahan danau ini.

Dimana Letak Danau Njowo-Samben ( Green Lake di Tuban) ?...
Secara administratif Danau Njowo-Samben terletak di desa Samben Kecamatan plumpang. Dari arah pusat kota sekitar 10Km ke tempat lokasi.

Jalur akses Danau Njowo-Samben ( Green Lake di Tuban) ?..
Ada beberapa jalur akses menuju lokasi, diantaranya :

1. dari kota tuban langsung menuju kearah timur (kearah surabaya), setelah sampai di pertigaan pakah belok kanan. Anda akan menuju wilayah plumpang, Melalui jalan raya pakah-bojonegoro. Cari Sekolah SMPN 2 , lewat situ bisa ± 300 meter . Lalu lapangan hongkong belok kiri mentok ke barat belok kanan kira-kira 100m sebelah kanan ada Sekolah SDN 2 kesamben masuk ke kiri.
Tempatnya depan SDN kesamben 2, bila anda lewat pertigaan baratnya masjid kesamben masuk ke utara, dan sampailah anda di lokasi.

2. Apabila anda dari arah Surabaya (arah timur). Sepanjang jalan silahkan anda cari pertigaan pakah. Setelah anda menemukan pertigaan pakah, belok kiri dan ikuti jalur no. 1 sebelumnya.

3. Apabila anda dari tempat wisata pemandian bektiharjo, dari arah kapur jurusan bektiharjo sebelum perumahan bumi ronggolawe ada desa penambangan, kiri jalan itu belok aja kekiri. Ikuti rutenya sampai ketemu pertigaan ngino....dari situ ambil kanan...lurusss aja jangan ambil kanan kiri lagi, dan temukan swasana sejuk hutan yg damai dan nyaman...jln berliku..naik turun...sungai-sungai... sampailah nanti ke tebing hijau itu dia green lake tuban.

Sesampai dilokasi anda dapat menikmati keindahan danau njowo bak green lake, namun anda tetap harus waspada dan hati-hati. Karena itu danau bekas galian tambang, yang pasti memiliki kedalaman yang cukup dalam. Selain itu bahan material tambang bisa jadi berbahaya bagi tubuh atau kulit anda. Cukup dengan melihat, menatap, dan menikmati keindahannya saja ya. Anda boleh berfoto selfie ria sepuas anda nyinyir, namun tetap waspada dan hati-hati. Pilihlah lokasi berfoto yang kiranya aman. Jangan sampai anda terpeleset. Nikmati keindahan alam serta jangan lupa rawat , jaga, & lestarikan.

Selain itu di tuban juga terdapat air terjun Gajahan yang tak kalah menarik untuk anda jelajahi. Letaknya dipelosok dan tersembunyi. Buat kamu yang hobby jelajah bisa anda list dalam jadwal petualangan anda.

Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari WISATA TUBAN.Gratis!
Thanks for reading Tuban Juga Punya Green Lake Loh (Danau Njowo-Samben)