Eksotisme Alam & Spiritual - GOA “GEMBUL” Petilasan Wali Songo di Tuban | WISATA TUBAN
Home » , , » Eksotisme Alam & Spiritual - GOA “GEMBUL” Petilasan Wali Songo di Tuban

Eksotisme Alam & Spiritual - GOA “GEMBUL” Petilasan Wali Songo di Tuban


Goa Gembul Tuban  Merupakan salah satu Goa yang berada di wilayah Kabupaten Tuban. Tak heran jika kota itu memiliki julukan kota seribu Goa karena cukup banyak ditemukan Goa-Goa di Kabupaten Tuban seperti halnya GOA Putri Asih. Ada juga goa yang dijadikan masjid dan pesantren yakni Pesantren & Masjid Perut Bumi, Selain itu juga masih banyak goa-goa lainya.
GOA GEMBUL via www.4bangilan.blogspot.com
Goa Gembul ini berbeda dari goa-goa lainya, disinyalir Goa ini merupakan petilasan ulama’ termashyur ditanah jawa yaitu wali songo. Menurut juru kunci goa itu merupakan tempat berkumpulnya wali songo sebagai tempat rapat dalam pembahasan strategi syiar agama islam ditanah jawa, salah satunya dalam pendirian kerajaan demak. Telah banyak kita ketahui setiap petilasan waliyullah yang diketahui sampai saat ini biasanya selalu dikeramatkan sehingga goa gembul ini bernuansa mistis.

Tempatnya yang berada di pedesaan serta nuansa mistik yang sudah terpatri dilingkungan masyarakat sekitar menjadikan Gembul memiliki nilai lebih dalam hal eksotisme alam. Lokasi tersebut memang sangat cocok dijadikan media meditasi. Telah banyak Berbagai kalangan mengunjungi tempat tersebut mulai dari kalangan pelajar/komunitas sebagai tempat acara kemah, Serta orang-orang yang berziarah dan bertawassul ke waliyullah, dan sekedar berkunjung menikmati alam.

Goa Gembul merupakan balutan alam terdiri dari tebing batu kapur, pepohonan yang rindang, serta sungai yang mengalir dibawahnya. Selain itu di tempat ini juga terdapat kolonial Kera. Jenis kera itu sama dengan yang ada di Pemandian Bekti Harjo, Hanya saja diBekti Harjo tidak berkolonial sedangkan ditempat ini berkolonial .

Dimana Letak Lokasi Lembah Gembul atau Goa Gembul ?..
Goa gembul berlokasi di Desa Jadi Kecamatan Semanding arah barat daya dari pusat kota Tuban. Apabila anda dari kota (arah utara) anda akan melewati Desa Boto yang juga terdapat eksotisme alam berupa krawak (air terjun kecil) yaitu Wisata Banyu Langse.
Karena “Gembul” keramat buat anda kaum hawa yang datang bulan dilarang berkunjung tempat ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Meskipun tempat tersebut dikatan petilasan wali songo namun ada juga orang-orang etnis china yang sering berziarah ketempat itu. Jadi anda jangan kaget, karena setiap makam dan petilasan waliyullah pasti dijaga makhluk dari dunia lain seperti halnya jin dan makhluk lainya. Bangsa Jin sama seperti manusia ada jin islam dan non muslim ada jin baik dan jin jahat yang akan menggoda akidah kita. Jadi buat anda yang berkunjung ketempat tersebut tetap jaga kidah kita karena hanya Pada Tuhan (ALLAH) lah tempat kita berdo’a memohon permintaan.

Tak jauh dari lokasi tersebut juga terdapat nuansa alam yag Indah yaitu Jembatan Selang Jembatan Peninggalan Kolonial Belanda.


Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari WISATA TUBAN.Gratis!
Thanks for reading Eksotisme Alam & Spiritual - GOA “GEMBUL” Petilasan Wali Songo di Tuban

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar