Keunikan Goa Kancing di Bukit Pegunungan Semanding Tuban | WISATA TUBAN
Home » , , , , » Keunikan Goa Kancing di Bukit Pegunungan Semanding Tuban

Keunikan Goa Kancing di Bukit Pegunungan Semanding Tuban

Ada lagi nih wisata GOA di tuban yang belum banyak diketahui masyarakat luas. Namanya GOA Kancing atau Pegununguan Bukit Kancing. Unik bukan nama dari goa ini ?. Goa kancing ini tak seperti goa pada umumya yang ada di tuban seperti Goa Ngerong rengel dan goa-goa lainya.
goa+kancing+tuban+bukit+wisata+pegunungan+semanding
Goa Kancing Tuban : via www.islahagus.blogspot.com
Goa kancing memiliki ciri khas tersendiri yaitu goa kancing ini berupa lubang mirip seperti sumur. Loh kok sumur ?.. iya  kedalaman cuma sekitar 4-5meter aja loh. Disamping goa atau lubang itu terdapat cekungan yang juga tak terlalu dalam. Tetapi letak keunikan dari goa kancing bukan dari goanya tetapi pada 2 tebing batu yang berdiri kokoh tepat diatas mulut goa, dan tempat ini cocok banget buat kamu kamu yang suka selfie ria atau hunting foto.


Dimana Letak Goa Kancing dan Bagaimana Akses Menuju Lokasi ?..
Lokasi goa ini tidak jauh kok dari kota tuban, seperti halnya goa akbar yang berada di tengah kota. Meski goa kancing tidak berda ditengah kota namun lumayan dekat dari kota. Secara administratif tata Negara Goa Kancing terletak di Dusun Tlogo, Desa Prunggahankulon, Kec. Semanding, Kab. Tuban. Untuk menuju ke lokasi terdapat beberapa rute. Kalo dari alun-alun kota keselatan saja yaitu melewati jl.Veteran sampai mentok ketemu pertigaan belok kiri ketemu perempatan ambil lurus dan ketemu pertigaan lagi kemudian belok kanan. Lalu ketemu perempatan ambil lurus yitu jalan Hayam Wuruk, Langsung terus saja ikuti jalan sampai ketemu perempatan lampu merah belok kanan melewati jalan Papringan mengikuti petunjuk ke Pemandian Bhaktiharjo. Sampai desa Prunggahan Kulon tanya warga atau terus aja ikuti petunjuk ke Pemandian Bhaktiharjo. Lokasi goa ini tepat disebelah kanan jalan.


Goa kancing ini memeberikan nuansa wisata alam yang berbeda. Letaknya di pegunungan namun namanya goa. Cocok banget buat kamu yang hobi petualang. Oh iya buat kamu yang suka moto cross atau trail boleh di coba ini tempat sebagai rute alam anda. Ini sudah dibuktikan sebelumnya oleh Kelompok Trail tuban yang tergabung dalam sebuah komunitas trail mereka menyebut namanya Tuban Edan Trail (TET). Club motor ini beranggotakan sekitar lebih dari 30 orang yang sama-sama pecinta motor trail. Satu persatu para anggota Tuban Edan Trail (TET) ini mengendarai motor trailnya untuk menaklukkan bukit setinggi sekitar 30 meter lebih, dengan kemiringan 35 derajat. Bagi yang suka memacu andrenaline, mungkin tepat dengan olah raga motor trail. Selain motor trail sepeda ontel atau sepeda gunung juga bisa anda gunakan memacu adrenalin anda. Dengan track-tracknya alami dengan tingkat kesulitan yang beragam, tentu menambah nilai tantangan tersendiri. Maka dari itu goa kancing ini sangat cocok untuk di coba.

Tempat ini ada mitos sejarahnya loh. Gini diceritakan dari obrolan masyarakat setempat dahulu kala disekitar goa ini dikatakan terdapat pintu ghaib dan apabila ada orang tanpa sengaja memasuki pintu gaib tersebut maka tidak bisa keluar lagi atau tersesat ke alam gaib disana. Bagaimana Percayakah anda ?. percaya atau tidak terserah Anda, ini hanya cerita mitos dar warga sekitar. Yang jelas perlu anda ketahui keindahan goa ini tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di Tuban seperti keunikan goa pesantren perut bumi. Pada awalnya goa kancing berupa tempat wisata yang belum banyak diketahui orang. Dengan jalan menuju tempat tersebut sangat terjal dan masih berupa hutan, sekarang sudah beraspal sampai ke Goa Kancing tersebut bahkan jalan tersebut sampai ke desa Grabagan atau kecamatn grabagan. Sampai sekarang tempat tersebut di kenal masyarakat sekitar dan orang-orang yang suka berpetualang menikmati keindahan dan keunikan alam yang tersembunyi. Selamat berpetualang gays. GO TUBAN !!!



Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari WISATA TUBAN.Gratis!
Thanks for reading Keunikan Goa Kancing di Bukit Pegunungan Semanding Tuban

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

3 komentar: