Keunikan Goa Suci di Tuban Yang Patut Anda Kunjungi | WISATA TUBAN
Home » , » Keunikan Goa Suci di Tuban Yang Patut Anda Kunjungi

Keunikan Goa Suci di Tuban Yang Patut Anda Kunjungi

Tuban yang pernah mendapat gelar sekaligus jargon kota seribu GOA memang tidaklah salah. Yang telah kita ketahui pada umumnya terdapat Goa Akbar yang berada ditengah kota. Selain itu juga terdapat Goa Ngerong yang mempunyai keunikan goa denga beribu kelelawar.
goa suci tuban
Goa Suci Tuban : via www.online.instagram.com
GOA Suci, ada lagi nih wisata alam di sekitar wilayah tuban. Goa yang unik ini dikatakan sebuah goa yg merupakan peninggalan kerajaan majapahit. Goa yang terletak disekitar penambangan Batu kapur ini memiliki banyak keunikan, diantaranya GOA ini konon katanya sering dibuat semedi orang-orang baik dari dalam maupun luar daerah untuk mediatasi menenangkan fikiran dan nurani maupun untuk mencari sebuah ilmu kebatinan. Selain Goa in di Tuban juga terdapat Goa Pesantren Perut Bumi yang dijadikan sebuah pesantren, tempat wisata, dan juga sebgai tempat meditasi.


Goa Suci ini merupakan GOA Buatan karena bentuknya terlihat terbuat dari pahatan-pahatan. Namun GOA ini dibuat pada zaman dahulu kala, dengan pembuktian terdapat angka jawa 1026 yang menunjukkan tahun di sekitar pahatan tersebut.

Goa Suci diakatakan ditemukan sejak tahun 70an. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 14 meter . dengan atap kerucut dan berlubang dengan dinding goa yang berundak-undak menambah kecantikan goa tersebut. Halaman sekitar goa juga cukup luas dan menarik buat anda berfoto-foto. Lebih indah lagi bila anda masuk didalam goa tersebut. Didalam goa juga memiliki halaman cukup luas untuk berfoto sendiri maupun bersama teman-teman waktu berkunjung. Keunikan goa terseut terletak pada pahatan-pahatan yang berundak-undak disekeliling dinding goa, selain itu jeunikan lain yaitu pancaran sinar matahari dari lubang goa yang dinamai goa suci tersebut.

Apabila anda kesana usahakan pada waktu siang hari yang cerah, karena anda akan melihat keindahan sesunggguhnya, Yaitu pancaran matahari dari lorong GOA memberikan suasana dan pancaran nan indah. Sekitar jam 9 Pagi anda akan melihat panacaran dari samping Goa tersebut dan apabila anda berkunjung disana pas jam 12 siang maka pancaran tepat ditengah diatas Goa tersebut akan anda rasakan dengan penglihatan anda.

Dimana Letak Wisata GOA Suci Tuban?..
Secara administratif GOA Suci di Tuban Terletak di Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Dari pusat kota Tuban menuju kecamatan Palang berjarak sekitar 12 km.
Jika anda igin berkunjung ke goa ini, ada dua jalan yang bisa ditempuh, yakni dari jalur pantura (Tuban dan WBL) atau dari jalur selatan (kecamatan Widang dan Babat)

Akses Menuju Wisata GOA Suci Tuban
Ada beberapa jalur untuk menuju ke lokasi, diantaranya :
Apabila anda dari pusat kota Tuban langsung saja ke arah timur menuju kecamatan Palang, jaraknya sekitar 12 km. Selanjutnya sampai timur pasar Ngaglik kecamatan Palang, sebelum tugu perbatasan antar kabupaten Tuban-Lamongan belok kanan anda akan melewati jalan kampung yang menghubungkan kecamatan Palang dengan kecamatan Widang. Jarak antara pasar dengan desa Wangun, yang merupakan lokasi GOA Suci sekitar kurang lebih 15 menit dengan kendaraan bermotor. Selanjutnya anda akan menemui papan petunjuk menuju lokasi goa suci, ikuti saja arah penunjuk tersebut.
Apabila anda dari kecamatan Widang yaitu Pasar Babat. Cari dan tuju SPBU Compreng, dari situ ke arah utara. Selanjutnya melewati 2 desa yaitu desa Mrutuk dan desa Mlangi. Untuk perjalanan menuju lokasi goa suci membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Oh iya, Sebelum sampai di lokasi goa suci anda akan melewati hutan-hutan dan persawahan desa. Jangan Malu untuk bertanya pada orang-orang yang anda jumpai disekitar sana. Kalo anda malu bertanya malah tersesat nantinya. Toh pada umumnya masyarakat desa sangat ramah.

Selain itu di tuban juga terdapat Goa Kancing yang tak kalah unik dengan goa suci
Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari WISATA TUBAN.Gratis!
Thanks for reading Keunikan Goa Suci di Tuban Yang Patut Anda Kunjungi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar: