Menilik Pantai Cemara Tuban Yang Selalu Ramai Dikunjungi | WISATA TUBAN
Home » , , , , » Menilik Pantai Cemara Tuban Yang Selalu Ramai Dikunjungi

Menilik Pantai Cemara Tuban Yang Selalu Ramai Dikunjungi

wisata+pantai+cemara+tuban
Pantai Cemara Tuban : via www.pergiberwisata.com
Wisata Pantai Cemara Tuban, Merupakan salah satu wisata pantai yang ada di Kota Ronggolawe. Tuban, kabupaten yang berada di barat provisinsi jawa timur ini memang mempunyai destinasi wisata pantai yang patut dikunjungi dibeberpa wilayah diantaranya seperti wisata pantai sowan yang berada di ujung barat kabupaten tuban berbatasan langsung dengan provinsi jawa . Selain wisata pantai cemara di kota tuban terdapat pula Wisata Pantai Bom Tuban yang letaknya di tengah kota tepatnya sebelah alun-alun tuban.


Wisata Pantai Cemara Tuban

Pantai Cemara Tuban menawarkan pesona pantai yang ditepinya berjajar pohon cemara yang rindang buat anda berteduh menikmati suasana pantai. Pantai Cemara Tuban memberikan keunikan nuansa wisata pantai yang berbeda, pantai yang ada disana sangatlah luas tak hanya buat anda berjalan-jalan ditepinya namun buat kamu yang mempunyai hobby sport atau berolahraga bisa anda lakukan saat wisata disini. Misal sekedar jogging, lari-lari kecil atau main bulu tangkis bisa anda lakukan dipantai ini. Selain itu anda juga bisa bermain volley atau bermain futsal maupun sepak bola di pinggir pantai cemara yang ada di tuban. Kalo anda tidak begitu minat dengan sport, anda bisa melakukan jalan-jalan saja menikmati keindahan pantai. Serta anda juga dapat mencari kering disekitar pantai tersebut. Pastinya asyik bukan !!.

Dimana Lokasi Wisata Pantai Cemara Tuban ?
Tempat Wisata Pantai Cemara Tuban terletak di Jalur pantura atau Jalan Raya Surabaya-Semarang tepatnya disebelah barat terminal baru tuban (Terminal Wisata Kambang Putih Tuban). Dengan tempat yang strategis tentunya sangat memudahkan pengunjung untuk bia menikmati wisata ini. Sekitar 300 Meteran dari tempat wisata tersebut juga terdapat wisata edukasi yaitu Wisata Mangrove Center tuban yang merupakan pusat bibit mangrove yang ditanam di seluruh Indonesia.

Berapa Tiket atau tarif Biaya Masuk Wisata Pantai Cemara Tuban ?
Untuk menikmati wisata pantai tersebut anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.000,00 alias GRATIS !!!, kecuali anda menggunakan jasa parkir yang ada disekitar lokasi wisata tersebut.
Setelah anda asik bermain air dipantai disana juga dapat ganti pakaian dengan memanfaatkan bilik-bilik yang bertuliskan “tempat bilas” yang beberapa tertengger disekitar tepian bawah cemara disana. Apabila anda kehausan atau pengen jajan jangan kwatir deh, disana juga terdapat banyak sekali warung-warung yang berjejer dispanjang tepi pantai cemara seperti pentol, es, aneka snack, atau anda demen rujak ?, disana juga terdapat penjual rujak khas tuban yang dijamin maknyus . Selain makanan ringan terdapat juga warung makan seafood yang dijamin menggoyang lidah anda dan mngenyangkan perut anda. Jadi jangan kwatir kelaparan saat berwisata di pantai tersebut.

Wisata pantai cemara ini dulunya bernama wisata pantai tasikharjo. Kawasan wisata pantai ini dari dahulu pada tahun 1980 an merupakan tempat wisata yang digandrungi warga sekitar bisa dikatakan sebuah wisata primadona di Tuban yang banyak dikunjungi wisatawan disebabkan keindahan panoramanya. Kemudan beberapa tahun kemudian tempat wisata tersebut terlantarkan dan bisa dikatakan rusak pada saat itu. Akhirnya tahun berikutnya pemerintah berupaya mengembalikan wilayah tersebut agar tetap indah dan terjaga. Yang dahulunya hanya terdapat beberapa pohon cemara saja, kemudian ditanaminya sampai terbentang sepanjang kawasan pantai yang sampai saat ini masih tetap terjaga dan trus bertumbuh dewasa.
Meskipun saat ini lokasi wisata pantai tersebut sangat ramai dikunjungi wisatawan pemerintah setempat mengakui kesulitan untuk mengelola tempat tersebut, dikarenakan lokasi tersebut status tanahnya milik perorangan . lokasi pantai yang berada 5 KM arah barat kota tuban tersebut dimiliki 2 orang yaitu dari surabaya dan jakarta. Ketika kabid kebudayaan dan pariwisata, dinas perekonomian dan pariwisata tuban, sunaryo diwawancarai oleh salah satu jurnalis statasiun radio sekitar : “negosiasi pada pemilik tanah yang ada disurabaya menolak menjual atau menyewakan lahanya”. Sedangkan pemeilik lahan dari Jakarta meminta lahanya debeli dengan harga Rp.500.000,00 Permeter persegi. Lahanya diperkirakan seluas 4 hektar. “Dengan harga segitu terlalu mahal apabila kita hitung total dari luas tanah yang akan kita bayar bisa mencapai 2 miliyar lebih”, terang sunaryo . Saaat ini wisata pantai yang potensial untuk dijadikan pelesiran dikelola warga sekitar dengan memanfaatkan jasa parker kendaraan.

Para pengunjung biasanya datang pada saat pagi dan sore hari utnuk menikmati sunrise maupun sunset dipinggiran pantai. Terlebih lagi pada saat weekend dan hari libur tempat wisata tersebut sangat ramai dikunjungi para wisatawan sampai sehari suntuk. Para pengunjung di dominasi warga kota tuban dan sekitarnya, selain itu juga sudah dikenal diluar kota tuban sehingga wisatawan luar kotapun turut berbaur menikmati wisata pantai cemara nan elok dan indah ini. Bagaimana, anda tertarik mengunjungi wisata pantai cemara tuban ini. Yuk,, rame-rame datang ke kota tuban. Selain Pantai Cemara Terdapat juga wisata Pantai Pasir Putih Remen yang juga tak kalah menarik untk anda kunjungi.






Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari WISATA TUBAN.Gratis!
Thanks for reading Menilik Pantai Cemara Tuban Yang Selalu Ramai Dikunjungi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 komentar:

  1. Senang bisa sama keluarga di samping murah kuliner masuk juga gratis. Cuman masalahnya pengamen banyak banget klo di biarkan bisa rusak nama pantai cemara. Mohon pengelolah pantai supaya di tertibkan sekian trimakasih..

    BalasHapus
  2. Senang bisa sama keluarga di samping murah kuliner masuk juga gratis. Cuman masalahnya pengamen banyak banget klo di biarkan bisa rusak nama pantai cemara. Mohon pengelolah pantai supaya di tertibkan sekian trimakasih..

    BalasHapus